4 Fakta Suramadu , Jembatan Terpanjang di Indonesia yang Membentang Hingga Selat Madura

Jembatan Nasional Suramadu merupakan jembatan yang melintasi wilayah selat Madura dan menghubungkan Pulau Jawa a dengan Pulau Madura. Jembatan ini dinobatkan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dan memiliki panjang hingga mencapai 5.438 meter. Selain menjadi penghubung antar pulau, ada 4 fakta menarik seputar jembatan Suramadu. Yuk simak fakta berikut ini!

Fakta Menarik dari Jembatan Suramadu

  1. Konstruksi Jembatan

Memiliki panjang panjang 5.438 meter dan lebar 30 meter ini menjadikan konstruksi jembatan tersebut meraih rekor MURI. Kekuatan dan struktur konstruksi bangunan sangat diperhatikan dengan detail dalam setiap proses pembangunannya. Uji ketahanan pada jembatan juga telah dilakukan oleh sistem SHMS, sehingga konstruksi jembatan diperkirakan akan awet dan kokoh hingga 100 tahun lamanya.

  1. Ikon Wisata Jawa Timur

Sarana transportasi darat yang satu ini, juga dapat memberikan keuntungan dan kemudahan dalam mengenalkan dan meningkatkan sektor pariwisata di Jawa Timur. Karena Suramadu menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur yang sering dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

  1. Menyebrang Hanya dengan Waktu 5 Menit

Dahulu jika warga Surabaya ingin bepergian ke Madura dan sebaliknya harus menggunakan kapal Feri dengan membutuhkan waktu hingga 30 menit. Sekarang dengan adanya jembatan Suramadu, orang-orang semakin dipermudah dalam menyebrang ke selat Madura karena hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan kendaraan bermotor.

  1. Jembatan Eksklusif dan Termahal

Dianggap ssebagai jembatan yang eksklusif dan mahal karena proyek dana pembangunannya yang menghabiskan hingga Rp. 4,5 Triliun. Proyek pembangunan ini disebut sebagai proyek yang fantastis dalam sejarah pembangunan infrastruktur yang ada di Indonesia.

Nah, itu tadi informasi dan fakta menarik seputar jembatan Suramadu yang ikonik di Jawa Timur. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam mengetahui fakta-fakta yang menarik seputar jembatan yang terkenal khususnya di wilayah Indonesia.